Tips Relationship Beda Usia Agar Bertahan Lama

4 min read

Menjalani relationship beda usia yang terpaut jauh bukanlah hal mudah, sering dianggap tidak ideal. Alasannya dianggap akan ada masalah di kemudian hari sebab banyak perbedaan cara pandang.

Hal itu pastinya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda dan pasangan. Akan ada perbedaan prinsip, pola pikir bahkan hingga gaya hidup yang sering terjadi dan menjadi kerikil tajam dalam hubungan.

Tips Relationship Beda Usia Terpaut Jauh

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, menjalani hubungan beda usia yang terpaut jauh bukanlah hal mudah. Namun Anda jangan khawatir, berikut beberapa tips agar hubungan tetap langgeng meski usia terpaut jauh:

  1. Saling kompromi akan ekspektasi tiap pasangan

    Ketika Anda dan pasangan sedang menjalin relationship beda usia yang terpaut jauh. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah dengan melakukan refleksi dan juga berkompromi. Misalnya saja dalam hal mempunyai anak, saat semua keinginan telah dibicarakan. Langkah berikutnya adalah fokus untuk mencapai keinginan itu serta saling mengingatkan satu sama lain.

  2. Akui adanya perbedaan

    Bila Anda menjalin hubungan dengan orang yang lebih tua atau muda, Anda mungkin akan mempunyai gagasan berbeda. Terkait cara menjalani hubungan, misal bila pasangan sangat mapan dengan kariernya. Namun Anda lebih senang bersenang-senang, Anda perlu menyuarakan hal tersebut kepada pasangan.

    Berada di dalam relationship beda usia bisa menciptakan lebih banyak ketidakpastian terkait rencana hidup. Sebab Anda berdua mungkin ada di tahap kehidupan yang berbeda. Mengakui perbedaan tersebut sambil menjalani hubungan bisa menciptakan ruang transparansi. Luangkan waktu secara rutin untuk menjaga hubungan Anda.

    Bila Anda mempunyai perbedaan dengannya, jangan pernah takut untuk membicarakannya. Semakin banyak percakapan dengan pasangan, maka semakin nyaman serta percaya diri pula untuk Anda menjalani hubungan.

  3. Memperbaiki stigma sosial

    Sebuah studi menemukan bahwa umumnya lingkungan sekitar tidak setuju dengan hubungan beda usia. Kelamaan akan dapat memberikan dampak negatif pada hubungan itu sendiri, ditambah banyak orang mengasosiasikan. Bahwa pasangan lebih muda akan mendapat keuntungan berupa materi dari pasangan lebih tua.

    Jadi sering kali hal tersebut dapat menyebabkan bara api di dalam hubungan asmara. Walaupun begitu, Anda dapat memperbaiki stigma sosial itu dengan cara memberikan pengertian kepada keluarga. Serta lingkungan sekitar agar hubungan Anda menjadi lebih langgeng dan harmonis.

  4. Jangan hanya fokus pada perbedaan usianya saja

    Salah satu hal paling penting dalam menjalin relationship beda usia ialah jangan hanya fokus memikirkan perbedaan usia masing-masing. Sampai-sampai hal tersebut justru menjadi fokus utama dalam hubungan.

    Kalian harus lebih sering berkomunikasi satu sama lain, sebab lumrah bila dalam berhubungan terjadi konflik. Komunikasi terbuka serta jujur menjadi hal yang begitu penting karena merupakan penyelesaian sebuah masalah.

  5. Saling berbagi harapan

    Kesadaran akan sebuah ekspektasi di dalam sebuah hubungan memang begitu penting, apalagi saat sedang menjalani hubungan beda usia. Misalnya saja seorang pria mempunyai usia lebih tua dibanding pasangannya. Menginginkan pasangannya untuk segera melahirkan anak, sementara pihak wanita masih memikirkan karir serta masa depannya.

    Oleh karena itu, penting menyempatkan waktu dengan pasangan untuk sering mengevaluasi hubungan. Berbagi pemikiran secara jujur dengan pasangan, tujuannya untuk memudahkan membangun kecocokan antara keduanya. Dengan begitu pasangan sama-sama bisa mengerti apa yang diinginkan serta apa diharapkan untuk ke depannya.

    Namun jika Anda merasa canggung untuk mengungkapkan secara langsung, carilah penengah atau profesional guna meminta bantuannya. Ikutilah sesi konseling bersama agar tidak ada lagi uneg-uneg yang terpendam.

  6. Mencari ketertarikan yang sama

    Komplain banyak pasangan relationship beda usia ialah ketidaksesuaian ketertarikan misalnya seperti pilihan hobi. Pasangan lebih muda akan cenderung menyukai sesuatu yang modern antara lain seperti film, musik atau game. Sementara pasangan dengan umur lebih tua lebih menyukai hobi santai seperti memasak, berkebun dan sebagainya.

    Namun menemukan hobi serta ketertarikan yang sama dapat menjadi pemanis hubungan asmara. Pastikan bahwa Anda dan juga pasangan mempunyai sedikitnya 1 ketertarikan yang sama. Sehingga hubungan perbedaan usia yang sedang dibangun dapat langgeng dan harmonis hingga tua.

  7. Pastikan bahwa moral, nila serta tujuan hidup sesuai satu sama lain

    Adanya perbedaan usia yang sangat jauh dalam relationship beda usia ini juga dapat memicu terjadinya beberapa perbedaan. Antara lain perbedaan moral, nilai dan tujuan hidup masing-masing.

    Hal tersebut dapat diatasi dengan cara saling duduk bersama serta saling berdiskusi. Misalnya, saja dengan membuat rencana ke depannya bagaimana dan juga membicarakan masalah keuangan.

  8. Menghormati hubungan

    Bila Anda berdua sering bertengkar, kemungkinan besar faktornya bukanlah sebab usia. Hubungan emosional dan juga fisik yang kuat merupakan bagian paling penting dari sebuah hubungan apapun.

    Tanpa memandang jenis kelamin, usia serta perbedaan budaya. Yakinlah pada keputusan Anda untuk menjalin relationship dengan orang yang jauh lebih muda atau tua kuncinya ialah saling memahami seperti relationship lain.

Selama Anda berdua mempunyai ikatan yang begitu dalam dan juga saling mencintai serta menghormati, umur hanyalah angka. Dengan begitu relationship beda usia bukanlah sebuah kendala bila menerapkan tips di atas.

More From Author